LATAR BELAKANG

Kedokteran gigi sebagai profesi yang dilandasi etika, terdiri atas dua unsur:Ilmu Kedokteran Gigi dan Pelayanan Kedokteran Gigi. Ilmu Kedokteran Gigi sendiri meliputi Ilmu Biomedik dan Ilmu Kedokteran Gigi Dasar. Kedua unsur ini merupakan suatu kesatuan yang utuh. Jika pada pemberian pelayanan kedokteran gigi dijumpai suatu masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan pengetahuan dan pengalaman yang tersedia, jawabannya dapat dicari melalui Ilmu Kedokteran Gigi. Sebaliknya, Ilmu Kedokteran Gigi harus mampu memberi petunjuk mengenai tindakan yang sebaiknya dilakukan dalam pemberian pelayanan kedokteran gigi. Petunjuk itu diperoleh melalui pengetahuan ilmiah yang telah tersedia atau melalui pengetahuan baru hasil riset ilmiah tentang masalah yang ditemukan dan belum terpecahkan oleh pelayanan kedokteran gigi

Pada dasawarsa terakhir, terlihat kecendrungan di dunia ilmu kedokteran gigi internasional untuk lebih meningkatkan pemahaman terhadap ilmu Biomedik. Hal ini diperlukan karena kebutuhan untuk memperoleh jawaban atas masalah-masalah klinis yang memerlukan riset. Sehubungan dengan itu tidaklah salah bila salah satu ujuan Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Universitas Trisakti adalah sebagai pusat riset dengan mengembangkan sumber data dan iklim akademik yang dapat mendukung karya riset untuk menghasilkan Ipteks dan karya ilmiah inovatif di bidang kedokteran gigi.

Progra Studi Magister Ilmu Kedokteran Gigi (PSM IKG) Universitas Trisakti telah berlangsung sejak 1999. Saat ini telah berjalan 2 (dua) konsentrasi yaitu:

  • Ortodontik
  • Biomedis Oral