Universitas Trisakti
Selamat Datang di Website Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Trisakti
Indonesian::English

 
 
LATAR BELAKANG

Dr. Eriyantouw Wahid, SH, MH.

Dalam proses dan dinamika pembangunan berkelanjutan saat kini dan di masa yang akan datang, peranan sumberdaya manusia akan semakin penting termasuk pengembangan dan peningkatan sumberdaya manusia itu sendiri. Dalam mengantisipasi hal tersebut maka diperlukan upaya konkrit untuk mengurangi kesenjangan mutu sejalan dengan peningkatan mutu sumberdaya manusia terutama para eksekutif sesuai dengan tuntutan para pengguna jasa sumberdaya manusia itu sendiri

Perkembangan ilmu dan teknologi begitu pesat terutama di era globalisasi yang memaksa setiap komponen bangsa dimanapun untuk mampu beradaptasi dan menyesuaikan tuntutan akan kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas. Suka atau tidak suka, cepat atau lambat, tuntutan akan proses pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia yag berkualitas akan menjadi tanggung jawab semua pihak terutama perguruan tinggi sebagai sektor utama dan pertama yang akan melahirkan tenaga-tenaga yang terampil dan siap pakai baik yang akan memasuki lapangan kerja maupun yang telah bekerja.

Oleh karena itu kegiatan pengembangan sumber daya manusia untuk menjabarkan tuntutan ke arah Ilmu dan Teknologi haruslah mengacu kepada kebutuhan pembangunan yang sesuai dengan disiplin ilmu dan profesi yang nantinya dapat menjadi motor penggerak dan percepatan ke arah pembangunan yang berkelanjutan dengan tetap berpegang kepada upaya-upaya penggunaan dan pengelolaan sumberdaya alam yang efektif dan efisien serta senantiasa menjaga kelestarian lingkungan.

Berkaitan dengan itu maka peranan perguruan tinggi dalam pembangunan perlu senantiasa ditingkatkan. Jenjang pendidikan tinggi yang ditawarkan kepada masyarakat perlu mengacu kepada ragam dan tingkat kompleksitas pembangunan itu sendiri dan eskalasi dari ragam permintaan masyarakat terhadap jenis pendidikan tinggi yang sesuai dengan kesempatan, tantangan, perubahan lokal, regional maupun internasional dalam arus globalisasi yang berproses.

Kondisi itu dengan sendirinya menuntut kecekatan tertentu dari perguruan tinggi dalam menyikapi untuk memacu ke arah "Credence Quality" hingga nantinya mampu mengaktualisasikan konsep "Link and Match" yang tepat dan berkualitas.

Dalam kaitan ini Universitas Trisakti, pada tahap awal, sebagai "Entry Point" telah berhasil dan akan selalu berdiri di depan "To Stay Ahead". Lebih jauh, Universitas Trisakti telah mencoba dan berupaya mengantisipasi permasalahan di atas dengan mengembangkan Program Pasca Sarjana di mana upaya ini merupakan untuk pertamakalinya sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang diberikan kepercayaan penuh untuk menyelenggarakan Program Studi Magister Manajemen dengan diberikannya akreditasi penuh oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 16 Oktober 1992. Keberhasilan ini berlanjut dengan diberikannya akreditasi penuh untuk penyelenggaraan Program Studi Magister Teknik Sipil dan Program Studi Magister Teknik Elektro tanggal 16 Agustus 1993, serta program Magister Ilmu Kedokteran Gigi tanggal 14 Oktober 1998, Program Studi Magister Arsitektur tanggal 6 Juni 2000, Program Doktor Bidang Ekonomi tanggal 23 Juni 2000, dan Program Doktor Bidang teknik Sipil tanggal 7 Juli 2000, Program Magister Ilmu Hukum, tanggal 16 Agustus 2001, dan Program Doktor Ilmu Hukum, Tanggal 24 Maret 2008

 
 


BERITA

 
 
 
           
Universitas Trisakti|Fakultas Ilmu Hukum|Pascasarjana
Copyright © Magister Ilmu Hukum Universitas Trisakti 2007 All Right Reserved.
Gedung H Lt.1 kampus A. Universitas Trisakti. Jl. Kyai Tapa No.1 Grogol. Jakarta 11440
Telp. (021) 566-3222, 566-2562, 566-2572, 566-3232 ext. 716 (021) Fax. (021) 569-40907.
Email : mhum@pasca.trisakti.ac.id
Web Design & Program by Panca Prima Sakti