LATAR BELAKANG

Pengelolaan dan pengoperasian lapangan minyak dan gas bumi di Indonesia semakin komplek seiring dengan semakin tuanya lapangan-lapangan minyak yang telah diproduksikan serta semakin sulitnya kondisi lapangan minyak dan gas yang baru diketemukan / dikembangkan (sumur dalam, laut dalam, daerah terpencil) dan keterkaitan dengan lingkungan makro yang berkembang relatif cepat (regulasi, pemasaran minyak dan gas).

Untuk itu diperlukan tenaga ahli / profesional / manajer yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pengelolaan lapangan, merancang dan menerapkan teknologi perbaikan dan peningkatan perolehan minyak dan gas serta mempunyai pengetahuan mengenai lingkungan makro yang "up to date".

Untuk itu disampung pelatihan in house yang diselenggarakan oleh perusahaan tempat tenaga yang dimaksud bekerja, masih diperlukan penambahan pemahaman dan pengetahuan lanjut berkaitan dengan permasalahan tersebut di atas.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga yang dimaksud FTKE Program Studi Teknik Perminyakan USAKTI memandang perlu untuk mendirikan Program Magister Teknik Perminyakan dengan pengkhususan PENGELOLAAN LAPANGAN.