KURIKULUM

 

Program studi ini mengambil pendekatan yang luwes dalam dua konsentrasi jalur pendidikan yang dimilikinya yaitu Manajemen Konstruksi dan Teknik Struktur.

  • Manajemen Konstruksi mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjadi manajer konstruksi yang baik, dengan pengetahuan yang mendalam tentang penggunaan cara-cara modern dibidang konstruksi, planning dan scheduling, serta manajemen proyek.

  • Teknik Struktur memberikan bekal pengetahuan yang mendalam tentang berbagai jenis teknologi konstruksi modern seperti pada: bangunan beton, bangunan baja, fasilitas transportasi, dan pondasi bangunan.

Peserta diwajibkan menyelesaikan 48 kredit, dengan perincian sebagai berikut :

 

Penelitian

Kegiatan penelitiah merupakan pendalaman dari latar belakang teori yang didapat dalam perkuliahan. Peserta didik pada akhir semester ketiga sudah harus dapat memberikan kerangka umum, berupa ulasan tentang penelitian untuk penulisan tesis.

Gelar dan Status Akademik

Sebagai suatu Program Studi yang telah terakreditasi oleh BAN-PT, peserta didik yang berhasil menyelesaikan program ini berhak menyandang gelar akademik Magister Teknik (MT) atau setara dengan gelar S-2 sesuai dengan ketentuan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Depdikbud RI.

Penyelenggaraan Kuliah

Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Trisakti dilaksanakan pada :

Hari

: 3 - 4 hari dalam seminggu

Pukul

: 17.00 - 21.00

Tempat

: Kampus A Universitas Trisakti, Jl. Kyai Tapa No. 1. Grogol, Jakarta Barat

Lama Studi

: 4 semester, masing-masing 18 minggu yang terdiri atas 15 minggu pengajaran, 1 minggu ujian tengah semester, dan 2 minggu ujian akhir semester.

Proses belajar-mengajar dilaksanakan dengan metoda : Kuliah, analisis kasus dan pandangan teoritis, studi kepustakaan dan lapangan, seminar, penulisan makalah, serta aplikasi. Program Akademik ditekankan pada penguasaan kemampuan analitikal, persepsional dan konsepsional terhadap berbagai masalah yang dihadapi dalam pembangunan di era globalisasi.